Amankah Mesin Toyota Pakai Bahan Bakar Biodiesel?

Sejak 1 September 2018, pemerintah telah melakukan perluasan penggunaan Solar B20, yakni bahan bakar diesel solar 80% dengan campuran 20% minyak kelapa sawit pada mobil pribadi.

Bahkan Menko (Menteri Koordinator) Bidang Perekonomian yakni Darmin Nasution menegaskan bahwasa per 1 September 2018 sudah tidak ada lagi bahan bakar solar murni di SPBU.

Obyektifnya adalah semua pengguna mobil dengan mesin diesel diharapkan untuk beralih menggunakan bahan bakar biodiesel atau yang umum disebut B20.

Beberapa produk unggulan Toyota menggunakan mesin diesel, seperti pada Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, hingga model komersil seperti Toyota Hilux dan Toyota Hiace.

Lantas, apakah BBM biodiesel aman untuk mobil produksi Toyota di Indonesia?

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi menjelaskan bahwa pada saat awal penerapan biodiesel memang ada kemungkinan fuel filter lebih cepat kotor karena sifat bio itu melarutkan kotoran di tangki dan saluran bahan bakar, tetapi itu pada saat penggunaan awal biodiesel dan pada mobil yang sudah lama.

Dadi menambahkan, karena bio diesel itu sebenarnya sudah lama, sehingga untuk sekarang tidak lagi ada masalah soal itu. Menurutnya, pesanan saringan bahan bakar diesel Toyota pun normal-normal saja. Rekomendasi kami setiap 30.000 km ganti saringan bahan bakar. Sejauh ini masih normal saja semuanya.

Artikel Lainnya

Masih Ragu Dengan Bengkel Resmi? Ini Keuntungan Dan Kelebihannya

Ketika Anda ingin melakukan servis mobil, tentunya banyak hal yang menjadi pertimbangan. Diantara pertimbangannya adalah memilih servis mobil di bengkel resmi atau non-resmi. Keduanya memang…

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Supaya Aman di Jalan

Bagaimanapun kondisinya, kamu harus tetap mengutamakan prinsip safety driving di jalan. Jangan pernah berperilaku buruk karena akan merugikan kamu dan pengguna jalan lainnya.┬áMeski demikian, masih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Harga